“Tap Cash” BNI Salah Satu Solusi Mahalnya Biaya Cetak Uang

1

Makassar - PT Bank Negara Indonesia Wilayah Makassar menyebut bahwa alat transaksi Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang disebut tap cash adalah solusi dari mahalnya biaya cetak uang.

“Ini merupakan awal dari upaya efesiensi Bank Indonesia dengan seluruh perbankan untuk menggalakkan GNNT ini,” ujar Pemimpin Wilayah BNI Makassar, Slamet Djumantoro, di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, alat transaksi tap cash yang sudah diluncurkan BNI beberapa waktu lalu sudah dilakukan di Jakarta dan Pulau Bali. Meskipun belum banyak yang menggunakannya. Djumantoro mengaku tap cash yang telah diluncurkannya itu sudah disosialisasikan dan didemonstrasikan di Pulau Jawa dan Jakarta. Sedangkan wilayah lainnya di Indonesia baru akan dilakukan sosialisasi.

“Di Jakarta sama Jawa itu sudah kita lakukan dan sudah bisa dipakai. Tapi hanya beberapa tempat saja yang bisa dipakai untuk transaksi. Khan memang kami baru mau sosialisasi bersama BI dan bank lainnya,” katanya.

Ia mengaku, alat transaksi yang digunakan sejak lama hingga saat ini seperti material logam dan uang kertas serta tinta lainnya itu didatangkan langsung dari beberapa negara, di antaranya Australia. Untuk material uang Rp100.000, kata dia, didatangkan langsung dari Australia karena kualitas kertas serta material lainnya itu lebih bagus. Namun, mencetak uang tunai itu disebutnya sangat besar.

“Bayangkan saja kalau uang logam yang dicetak itu materialnya lebih mahal. Mencetak uang Rp100.000 itu sama nilainya, belum lagi biaya lain-lainnya. Pokoknya lebih mahal,” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan jika pada sosialisasi sebelumnya di Pulau Jawa dan Jakarta, Bank Indonesia (BI) menggandeng sejumlah perbankan nasional dan lokal untuk ikut menggalakkan sosialisasi penggunaan GNNT. Beberapa transaksi non tunai yang disosialisasikan meliputi penggunaan uang elektronik dan pembayaran dengan kartu, di antaranya kartu debit dan kartu kredit.

Para perbankan yang sudah siap dengan GNNT ini yakni BNI dengan tap cash, Bank Mandiri dengan uang elektronik e-money, BRI dengan brizzi, BCA dengan flazz. (ANTARA News)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

2 Responses

  1. jasa SEO, Backlink, Blogwalking murahDecember 22, 2015 at 7:12 pmReply

    I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored material stylish. nonetheless, you command get bought an nervousness over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly very often inside case you shield this hike.|

  2. Pembicara Internet Marketing, jasa SEO, BacklinkDecember 29, 2015 at 6:49 amReply

    blog yang cukup menarik, dan themes yang sangat seo frendly. salam hangat http://www.marinirseo.web.id Pembicara Internet Marketing

Leave a Reply

Loading the player...