Pesan Dalam Botol Tertua di Dunia Ditemukan

1

London – Lebih dari satu abad lalu, seorang peneliti Inggris, George Parker Bidder, melepas 1.020 botol gelas yang berisi pesan penelitiannya yang ia tulis di secarik kertas layaknya kartu pos. Dalam pesannya, Bidder ingin mengetahui arus laut bekerja.

Kini, salah satu botol yang Bidder lepaskan antara tahun 1904 dan 1906 di Laut Utara Inggris terdampar dan ditemukan di sebuah pantai di Jerman. Penemuan ini dianggap pesan dalam botol tertua yang pernah ditemukan di dunia.

Penemunya adalah seorang wanita Jerman bernama Marianne Winkler. Ia membaca pesan tersebut dan mengikuti petunjuk seperti yang tertera dalam botol lalu mengirimkannya kepada Marine Biological Association di Inggris.

Para grup peneliti di Inggris menerima pesan itu dengan terkejut. Nama George Parker Bidder tak lain adalah mantan presiden asosiasi itu.

Riset pun segera mereka lakukan. Ternyata, Bidder memang  sengaja membuat pesan dalam botol untuk meneliti arus bawah perpindahan air laut dan migrasi Ikan Pipih.

“Waktu kami terima pesan dari George Parker Bidder, kami sangat bersemangat. Ia sepertinya hadir di tengah-tengah kami,” kata Juru Bicara Asosiasi Guy Baker kepada CNN, 26 Agustus 2015.

Sementara itu, sisa botol yang ‘dibuang’ Bidder sebagian besar telah ditemukan puluhan tahun yang lalu. Kebanyakan dari botol-botol itu ditemukan oleh para nelayan. Terjaring oleh jaring mereka, kata Baker seperti dikutip dari news.com.au.

Di dalam pesan yang Bidder tulis, selain meminta penemunya mengembalikan ke Asosiasi, mereka juga diminta menulis kapan botol itu ditemukan, lokasi ditemukan dan bagaimana mereka menemukannya. Postcard itu juga menjanjikan hadiah 1 shilling bagi siapapun yang menemukan dan mengembalikan ke kantornya. Bidder menulis pesan itu dalam tiga bahasa: Inggris, Jerman, dan Prancis.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Loading the player...