Perjalanan mudik lebih aman bersama BPJS Kesehatan

IMG-20170615-WA0012

Batam(Radio SingFm) :Menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017 BPJS Kesehatan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada peserta untuk mendapatkan pelayan kesehatan. Untuk peserta JKN-KIS yang melakukan mudik dihimbau untuk selalu membawa kartu kepesertaannya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam Tavip Hermansyah dalam konfrensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, di kantor BPJS Kesehatan di Batam Center mengatakan jika peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Menurutnya kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017. Dan Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan hingga saat ini.

“Perlu diperhatikan bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status Kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif” Ungkapnya.

Sementara itu bagi peserta yang ingin mengecek iuran, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu cek iuaran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400. Layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 hadir 7x24jam,sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh Senin-Jumat pukul 07.00-20.00 Wib.

” dan untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Informasi apapun yang berhubungan dengan layanan BPJS sangat lengkap disitu” Jelasnya.

Tavip menegaskan bahwa selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta. Untuk informasi lebih lanjut peserta dapat menghubungi:
BPJS Kesehatan Kantor Cabang Batam
Care Center 1 500 400 atau
www.bpjs-kesehatan.go.id. (Redaksi SingFm)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Loading the player...